Tuesday, June 1, 2010

Kesenjangan Sosial

Tiba-tiba aja terlintas dalam pikiran. Jadi pengen nulis tentang kesenjangan sosial yang ada di lingkungan sekitar ku. Paling kerasa sih di kantor ya... entah disadari atau tidak. Perbedaan status antara karyawan tetap dan tidak tetap plus dilengkapi perbedaan gaya hidup bisa bikin terkadang (nggak selalu lo ya) rada risih juga.

Ada beberapa divisi yang signifikan banget membedakan perlakuan antara yang karyawan tetap dengan yang kontrak. Ada yang mau bantuin para tetap tapi enggan dan cenderung ogah-ogahan kala para kontraktor butuh bantuan. Bahkan untuk sekedar nyuci piring tuh... :(

Ketemu case yang cukup menggelikan pula. Ada si tetap yang maunya tidak membeda-bedakan dan tampil low profile dengan tidak terlalu sering traktir-traktir. Tapi malah dapat julukan mas pelit (dengan tanpa sepengetahuan yang bersangkutan pastinya)

Kesenjangan biasa nya ditandai dengan saling berlomba-lomba dalam gaya hidupnya. Kalo di perumahan sekitar kampung halamanku sih gitu. Kalo misal tetangga sebaelah punya sepeda motor, maka tetangga sebelahnya pun berusaha untuk punya sepeda motor juga. Walau sebenarnya tak ada dana ato modal, tetep memaksakan diri untuk bisa membeli ntuh sepeda motor. Sungguh amat mengherankan bagi ku. Emangnya dosa ya kalo ga punya sepeda motor?

Gaya hidup lingkungan memang sangat signifikan membentuk pribadi seseorang lo. Apalagi kalo nemu temen deket yang bersifat dominan, tanpa kita sadari, kita pelan-pelan mengikuti gaya hidup teman yang dominan ini. (sebenarnya lagi terjadi pada diri sendiri :D )

So... gimana kita harus menyikapi kesenjangan sosial yang kita temui di lingkungan kita? Apakah kita harus menjadi seseorang yang gede omongan untuk mengimbangi lingkungan ( setidaknya dalam obrolan saja ). Atau mungkin kita menjadi diri sendiri, dan bilang nggak ada kalo emang nggak ada. Dan atau apakah kita harus nerima dan mengunci diri dengan lingkungan yang selevel ama diri kita?

Pastinya tiap orang akan berbeda-beda reaksinya... Yang pasti tetep jadi diri sendiri pastinya. :)






No comments:

Post a Comment